Fakultas Pertanian Unhas Fasilitasi Pelatihan Pelayanan Prima untuk Tendik Bertema “Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja ASN Berakhlak

Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin fasilitasi kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima untuk Tendik dengan dengan tema Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja ASN Berakhlak. Bertempat di lt 1 Aula Faperta mulai pukul 8.30 Wita sampai Selesai, Sabtu (17/5).

Dekan Faperta, Prof. Dr. Ir. Salengke mendukung Pelatihan Pelayanan Prima sebagai bentuk integritas terhadap universitas. Menurutnya kegiatan sejenis sebaiknya diadakan minimal satu kali dalam setahun untuk menunjukkan keseriusan Faperta dalam memberikan pelayanan terbaik.

“Kita harap materi yang akan disampaikan oleh narasumber hari ini dapat menjadi acuan dan diterapkan dalam lingkungan kerja,” ungkap Prof. Salengke.

Turut hadir Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Alumni, dan Sistem Informasi) dan Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam selaku narasumber kegiatan tersebut.

Dalam pemaparannya, Prof. Farida mengaitkan perubahan pola pikir dengan kebiasaan sehari-hari. Ia mengatakan bahawa pola pikir positif akan secara aktif meningkatkan kebiasaan baik yang dapat berpengaruh pada pemberian pelayanan secara maksimal.

“Pelayanan yang baik dapat membangun kepercayaan publik terhadap unit kerja yang dapat memberikan dampak atau citra positif bagi instansi secara keseluruhan,” jelasnya.

Prof. Dr. Ir. H Nasaruddin dalam materinya memperkenalkan istilah Mindset Shifting, atau mengubah cara pandang dan sikap mental terhadap berbagai aspek yang dalam hal ini berkaitan dengan aspek pelayanan. Menurutnya, mindset shifting dibutuhkan karena perubahan dalam kehidupan akan terus terjadi dan dunia berkembang dengan cepat sehingga memaksa individu untuk beradaptasi pada perubahan.

“Perubahan sering dianggap sebagai hal yang berisiko yang tidak dapat diduga dan dikendalikan sehingga hal yang dapat kita lakukan adalah keluar dari zona nyaman tetapi pada zona nyaman yang lebih baik,” lanjutnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian games untuk meningkatkan kerja sama dan kepercayaan diri peserta.